Wednesday, January 16, 2008

Udang oh Udang.....

kalau kita masak udang kadang suka ribet yach... dari mulai bingung milih udang yg seger, sampe rencana mau dimasak apa.... aku dapet bocoran dari Tabloid Nova nih....

Memilih udang segar:
- Udang segar akan menyebarkan aroma yang khas.
- Jangan pilih udang yang sudah berbau busuk.
- Udang yang sudah membusuk, badannya lembek. Karena itu, pilih udang yang badannya masih keras.
- Warna udang segar jernih berseri, tidak ada bintik-bintik hitam.


Cara menguliti:
KLIK - DetailMenguliti udang yang kecil memang tak mudah. Selain licin, kulitnya pun seakan menempel pad dagingnya. Nah, supaya mudah mengolahnya, cucilah lebih dulu udang hingga bersih. Masukkan ke dalam sebuah wadah, lalu siram dengan air panas secukupnya. Seketika, warna kulit udang pun akan berubah menjadi merah. Setelah itu, buang air panasnya. Kini, udang siap dikuliti.
Untuk menguliti udang, peganglah udang dengan kepala ada di tangan kanan. Putuskan kepalanya tepat di antara batas kepala dan badan. Setelah kepala lepas, kuliti seluruh tubuh udang, mulai bagian atas ke bawah. Jika Anda harus menyisakan ekornya, berhentilah menguliti hingga ruas kulit kedua dari ekor.
Belah punggung udang yang sudah Anda kuliti, sepanjang badannya dan tak lebih dari setengah cm dalamnya. Keluarkan isi perut udang yang berada di punggung tersebut, yang bentuknya seperti tali berwarna hitam. Setelah itu, cuci bersih. Untuk mengawetkannya dalam freezer, tiriskan udang tersebut untuk beberapa saat lamanya, lalu masukkan ke dalam kantong plastik atau wadah lain.


Tips memasak udang:
Daging udang amat lembut, karena itu, hindari memasak terlalu lama di atas api. Pakailah api besar supaya udang cepat matang. Jika terlalu lama, akan menyebabkan air tubuh udang yang sebenarnya penuh gizi jadi larut. Supaya udang rebus tampak cantik kemerah-merahan dan tidak anyir, masukkan setetes cuka ke dalam air rebusannya.

No comments: